PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT KELOMPOK IBU PENGASUH TAMAN PENITIPAN ANAK

  • Yuni Kurniawaty Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Ni Nyoman Wahyu Lestarina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Cresensia Dina C.K. Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Keywords: PKM, ibu pengasuh, TPA Liya

Abstract

Semakin banyaknya orang tua bekerja, sehingga tidak mampu mengasuh dan mendidik anak. Salah satu solusi yang dilakukan adalah menitipkan anak ke Taman Penitipan Anak atau TPA. Akan tetapi tidak semua TPA menggunakan tenaga terlatih dan mempunyai keterampilan dalam pendidikan anak usia dini serta pemantauan tumbuh kembang anak. TPA Liya merupakan mitra PKM terdiri dari 7 ibu pendamping yang berlatar belakang pendidikan SMA. Jumlah anak yang dititipkan sebanyak 20 anak. TPA melayani sehari penuh dengan rincian waktu hari Senin–Jumat pukul 07.00–16.00 WIB. TPA ini tidak mempunyai kurikulum serta kurangnya keterampilan pengasuh mengenai pendidikan anak usia dini. Para pengasuh hanya melakukan rutinitas menemani anak bermain, memberikan susu, memberikan makan, membantu memandikan anak dan menidurkan anak. Alat permainan edukatif yang ada kurang. Terdapat dokter sebagai konsultan kesehatan di TPA yang datang 3 bulan sekali tetapi tidak terdokumentasi dengan baik untuk dilaporkan kepada orang tua. Tumbuh kembang anak tidak dipantau secara rutin oleh para pengasuh. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan diskusi, pelatihan, workshop, dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan penyusunan kurikulum TPA Liya, pelatihan dan pendampingan implementasi kurikulum TPA Liya, pelatihan dan pendampingan cara pengasuhan di TPA Liya, pelatihan dan pendampingan penilaian tumbuh kembang anak dengan alat ukur KPSP dan KMS, pendampingan stimulasi anak dengan APE. Dengan adanya kegiatan PKM ini membantu ibu-ibu pengasuh TPA Liya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka tentang pengasuhan dan penilaian tumbuh kembang anak sesuai tahapan usia anak. Hal ini membantu meningkatkan pelayanan ibuibu pengasuh di TPA Liya kepada anak-anak yang dititipkan.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Pedoman
Penyelenggaraan Pendidikan pada Anak
Pada Taman Penitipan Anak. Jakarta.

Direktorat Pembinaan PAUD. 2015. Petunjuk Teknis
Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak,
Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat
Jenderal PAUD dan Pendidikan
Masyarakat Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Available at: http://anggunpaud.
kemdikbud.go.id/images/upload/images/
Juknis_PAUD_2016/3._Juknis_TPA.
pdf.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
Dini, Jakarta. Available at: https://luk.
staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud
137-2014StandarNasionalPAUD.pdf.

Malinton, S. 2013. Studi tentang Pelayanan Anak
di Taman Penitipan Anak Puspa Wijaya I
Tenggarong. e-journal Sosiatri- Sosiologi,
1(1), pp.45–73. Available at: http://ejournal.
sos.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/
uploads/2013/05/Jurnal Sherly Malinton
(05-14-13-04-17-18).pdf.

Suminah, E., Nugraha, A., Yusuf, F., Puspita, W.
A. 2015. Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan
Anak Usia Dini Direktorat Jenderal
Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan
Masyarakat Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Published
2019-12-20
Section
Articles