PERANCANGAN ARSITEKTUR INTERIOR GRAHA SINODE MURIA DI SEMARANG DENGAN KONSEP PERDAMAIAN

  • Aditya Mahardhika Wijaya Universitas Ciputra
  • Gervasius Herry Purwoko Universitas Ciputra
  • Stephanus Evert Indrawan Universitas Ciputra
Keywords: Guest house, Kafe, Kantor, Merpati putih, Perdamaian

Abstract

M.R. Interior Architect merupakan sebuah usaha jasa konsultan arsitektur interior yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan keberlangsungan lingkungan. Dalam menjalankan usaha tersebut, terdapat tiga hal utama yang ditawarkan oleh perusahaan kepada klien atau calon klien sebagai komitmen dari perusahaan yaitu integrated sustainable design, filosofi desain yang unik, dan karakter kerja perfeksionis. Perancangan atau proyek akhir yang dikerjakan mencakup desain arsitektur interior saja. Graha Sinode Muria sendiri merupakan fasilitas pendukung gereja meliputi guesthouse dan kantor pusat milik Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) yang berlokasi di daerah Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Jl. Sompok Lama. Berdasarkan hasil observasi dan analisa yang telah dilakukan, permasalahan utama yang diangkat dalam perancangan Graha Sinode Muria adalah keinginan klien akan desain arsitektur interior pada fasilitas pendukung gereja berupa guest house, kantor, dan kafe yang menggambarkan slogan institusi dari klien itu sendiri, yaitu “GKMI membawa damai”. Solusi yang ditawarkan oleh penulis adalah perepresentasian dari simbol perdamaian secara internasional, yaitu merpati putih yang membawa daun zaitun pada kisah Nuh dalam Alkitab sebagai konsep desain. Perepresentasian ini diaplikasikan dalam proyek baik secara harafiah maupun kiasan, di mana nilai – nilai yang hendak disampaikan oleh Alkitab juga akan disampaikan kepada para pengguna proyek melalui sebuah pengalaman nyata dalam menggunakan desain.

References

Data Gereja. (2016). Diakses pada Rabu, 30 November 2016 │ pukul: 20.00 WIB, dari https://pgi.or.id/

Google Maps. (2016). Diakses pada Rabu, 30 November 2016 │ pukul: 20.00 WIB, dari https://google.com/

Perbedaan Hotel, Hostel, Resort, dan Guest House. (2015). Diakses pada Kamis, 1 Desember 2016 │ pukul: 11.00 WIB, dari http://www.liputan6.com/

Nuradhi, Maureen (2015), Kajian Business Model Canvas pada Biro Konsultan Arsitektur dan Desain Interior Hadiprana, Tesis/Disertasi Tidak Dipublikasikan. Universitas Ciputra.

Himpunan Desainer Interior Indonesia. (2006). Pedoman Hubungan Kerja antara Desainer Interior dan Pemberi Tugas. Jakarta: Himpunan Desainer Interior Indonesia.
Published
2019-09-20
Section
Articles