PERANCANGAN KAFE PRINGGADANI DENGAN PENDALAMAN PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH YIQI DESIGN STUDIO

Main Article Content

Sharen Sanjaya
Astrid Kusumowidagdo

Abstract

Bisnis komersil merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang di masa kini. Perkembangan sektor ini menunjukan dan mulai mengarahkan kita kepada kemajuan kondisi perekonomian negara Indonesia yang saat ini mulai stabil seiring dengan terkendalinya situasi pandemi. Dalam industri komersil, kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dan utama dalam keberlangsungan bisnis itu sendiri. Kepuasan pelanggan ini dapat kita penuhi melalui banyak faktor, salah satunya adalah tempat. Tempat dalam bisnis komersil diidentifikasikan sebagai area, ruang, gedung atau bangunan yang digunakan sebagai pertokoan, pusat perbelanjaan, restoran, kafe dan banyak lagi. Maka desain interior memiliki peran yang besar dalam usaha mencapai kepuasan pelanggan melalui tempatnya. Selain desain interior, atmosfer yang dimiliki oleh sebuah tempat juga memiliki peran yang besar dalam menciptakan
perasaan khusus atau keterikatan antara pengguna bangunan dengan tempatnya. Cabang ilmu pengetahuan yang mendalami hubungan antara ketiga faktor tersebut disebut sebagai ilmu psikologi lingkungan. Artikel ini merupakan sebuah karya tulis yang menggambarkan sebuah proyek arsitektur interior oleh Yiqi Design Studio yang dirancang dengan mendalami bagaimana bentuk keterikatan antara manusia, tempat, dan lingkungannya melalui pendalaman psikologi lingkungan serta bagaimana bentuk dan hubungan dari ketiga faktor tersebut mampu mempengaruhi perancangan desain interior suatu proyek. Serta bagaimana penulis melihat hal ini sebagai sebuah peluang baru yang menarik dalam dunia bisnis industri kreatif.

Article Details

How to Cite
Sanjaya, S., & Kusumowidagdo, A. (2024). PERANCANGAN KAFE PRINGGADANI DENGAN PENDALAMAN PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH YIQI DESIGN STUDIO. KREASI, 10(1), 133–147. https://doi.org/10.37715/kreasi.v10i1.5331
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. (2022). BRS Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sidoarjo 2022. https://sidoarjokab.bps.go.id/pressrelease/2023/01/05/33/brs-pertumbuhan-ekonomi-kabupatensidoarjo-2022.html.

Farasa, N., & Kusuma, H. E. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebetahan di Kafe: Perbedaan Preferensi Gender dan Motivasi. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, 2015, 29-34.

Gifford, R. (2014). Environmental psychology matters. Annual review of psychology, 65(1), 541-579.

Harrouk, C. (2020, 20 Maret). Psychology of Space: How Interiors Impact our Behavior?. https://www.archdaily.com/936027/psychology-of-spacehow-interiors-impact-our-behavior.

Jamaludin, J., Widia, E., & Primayudha, N. (2019). The Contemporary Cafes Interior Design in the City of Bandung as Representation of Transculturalism. Journal of Arts and Humanities, 8(11), 09-17.

Kopec, Dak. (2012). ENVIRONMENTAL PSYCHOLOGY FOR DESIGN (2nd ed.). fairchild books.

Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An approach to environmental psychology. The MIT Press.

Musadad, A. A. (2009). Aktualisasi Dimensi Sejarah Dan Makna Mitologis Pertapaan Pringgodani Sebagai Upaya Pembangunan Pendidikan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Paedagogia, 12(1), 66-67.

Pile, J. F. (2005). A history of interior design. Laurence King Publishing.

Putri, G. J. E. (2013). Fungsi Coffe Shop Bagi Masyarakat Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Sarihati, T., Widodo, P., & Widihardjo, W. (2015). Penerapan Elemen-Elemen Interior Sebagai Pembentuk Suasana Ruang Etnik Jawa Pada Restoran Boemi Joglo. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 3(3).

Steg, L., & de Groot, J. I. (2019). Environmental Psychology An Introduction (second).

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, A., Dewi, P. S. T., & Putra, I. W. Y. A. (2021). Desain interior coffee shop di Denpasar dan loyalitas konsumennya: Generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang, 7(1), 1-17.

Turley, L. W., & Milliman, R. E. (2000). Atmospheric effects on shopping behavior: a review of the experimental evidence. Journal of business research, 49(2), 193-211.

Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255-7260.