PERANCANGAN PROYEK CREATIVE SPACE DENGAN PENDALAMAN SENSE OF PLACE OLEH MURINSPACE

Main Article Content

Nadia Virania Thamrin
Yusuf Ariyanto

Abstract

Peran arsitektur dan desain interior di era industri 4.0 tidak hanya terbatas pada solusi fungsional tetapi juga berperan dalam pembangunan sebuah identitas sebuah proyek. Bali merupakan salah satu pilihan destinasi yang memiliki identitas kebudayaan yang kuat dimana hal ini merupakan sebuah daya tarik bagi turis maupun masyarakat lokal, penerapan unsur-unsur tradisional pada desain arsitektur maupun interior Bali sangat terlihat sehingga mengakibatkan munculnya sebuah sense of place antara tempat dan manusia. Dengan adanya perubahan minat masyarakat dan zaman mengakibatkan adanya pergeseran ke arah yang lebih modern. Kondisi ini dapat menjadi sebuah peluang bagi bisnis konsultan arsitektur interior Murinspace yang berdomisili di Bali untuk menawarkan layanan desain untuk proyek komersial di Bali dengan pendekatan sense of place yang akan menggunakan penggabungan unsur tradisional Bali melalui elemen seni rupa yaitu seni lukis, ukiran, dan kerajinan dengan tampilan yang lebih
modern. Pendekatan ini dapat ditemukan melalui proyek creative space yang berlokasi di Canggu, Bali. Melalui konsep “To Offer” yang dipilih, proyek ini dapat memberikan suatu pelayanan fasilitas dimulai dari art gallery, cafe, dan workshop dengan tujuan memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Bali melalui material dan motif. Selain itu penggunaan konsep canang sari yang merupakan sebuah bentuk persembahan dalam budaya Bali ini dapat terlihat pada pembagian tata ruang serta pemilihan warna dimana keseluruhan desain akan direalisasikan dengan adanya kerjasama yang dilakukan dengan seniman lokal.

Article Details

How to Cite
Thamrin, N. V., & Ariyanto, Y. (2024). PERANCANGAN PROYEK CREATIVE SPACE DENGAN PENDALAMAN SENSE OF PLACE OLEH MURINSPACE. KREASI, 10(1), 79–96. https://doi.org/10.37715/kreasi.v10i1.5328
Section
Articles

References

Abdel, H. (2022, 15 Februari). WYAH Art & Creative Space / PSA Studio. https://www.archdaily.com/976802/wyah-artand-creative-space-parisauli-arsitekstudio.

Badan Pusat Statistik. (2022). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional

Agustus 2022. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2022/10/03/1877/jumlahkunjungan-wisman-ke-indonesiamelalui-pintu-masuk-utama-padaagustus-2022-mencapai-510-25-ribukunjungan-dan-jumlah-penumpangangkutan-udara-internasional-padaagustus-2022-naik-32-29-persen.html.

Construction Plus Asia. (2020, July 21). Fat mermaid Bali. https://www.constructionplusasia.com/id/fat-mermaid-bali/.

Cross, J. (2001). What is Sense of Place ? 12th Headwater Conference. Western State College.

Devanty, K. (2022, 24 November). Cafe, Coffee Shop : Sejarah, Fungsi, Cara Penyajian, Konsep, Contoh Menu. https://interiordesign.id/cafe-coffeeshop-sejarah-fungsi-cara-penyajiankonsep-contoh-menu/.

Dovey, Jon dan Andy C Pratt. (2016). The Creative Hubs Report. London: British Council.

Gyerin, T. (2000). A Space for Place in Sociology. Journal of An nual Review Sociology, 24, 463-396.

Matheson, Janine dan Gillian Easson. (2015). [Online]. Diakses dari https://www.britishcouncil.ro/sites/default/files/creative_hubkit_en.pdf.

Nugraha, Y., & Abioso, W. S. (2023). Kajian Konsep Konservasi dengan Pendekatan Arsitektur Postmodern pada Gudang Selatan 22 Creative

Space di Kota Bandung. PROSIDING TEMU ILMIAH, 11(1), A001-A006.

Nyamangallery.com. (2015). CONTEMPORARY ART GALLERY IN SEMINYAK, BALI. https://nyamangallery.com/.

Pemerintah Provinsi Bali. (2023, 16 Januari). Gubernur Wayan Koster Ciptakan Bali Berkepribadian Dalam Kebudayaan Melalui Program Pemajuan dan Penguatan Kebudayaan Bali. https://www.baliprov.go.id/web/gubernur-wayan-kosterciptakan-bali-berkepribadian-dalamkebudayaan-melalui-program-pemajuandan-penguatan-kebudayaan-bali/.

Prabowo, P.H (2023, 23 April). Mengenal Angkul Angkul Bali sebagai Pintu Rumah Adat Bali. https://www.kompasiana.com/balioh7141/6444bc7008a8b56c9f5fe922/mengenal-angkul-angkulbali-sebagai-pintu-rumah-adat-bali?page=all#section1.

Pratiwi, L., Khairani, S., & Wulan, N. (2023). Perancangan Aplikasi Mixed Reality Shagy (Sheila Art Gallery) Berbasis Android Menggunakan

ARCore. SNASTIKOM, 2(1), 98-103.

Purwita, D. G. P., & Adnyana, K. S. (2021, April). SKEMA TEORI WARNA BALI: Dari Tinjauan Pustaka ke Cakram Warna. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 4, pp. 32-28).

SMK Negeri 1 Singaraja. (2019, 09 Agustus). Makna Dan Filosofi Canang Sari. https://www.smkn1singaraja.sch.id/makna-dan-filosofi-canang-sari/.

Tiskitasari, R. (2005). Pengertian workshop. Scribd.https://www.scribd.com/document/399295301/Pengertian-Workshop-docx#.