PERANCANGAN ARSITEKTUR INTERIOR PAPUK KAFE DAN RESTO DI SURABAYA

  • Vincent Himawan Arsitektur Interior, Universitas Ciputra Surabaya
  • Gervasius Herry Purwoko Arsitektur Interior, Universitas Ciputra Surabaya
  • Stephanus Evert Indrawan Arsitektur Interior, Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: kafe, klinik, multifungsi, residensial, restoran

Abstract

Artikel ini berisi tentang rancangan desain interior Papuk kafe dan resto di Surabaya. Desain dibuat berdasarkan kebutuhan klien yang ingin menggabungkan 3 fungsi bangunan yang berbeda, yakni kafe, rumah tinggal dan klinik yang dimana pemilik Papuk Kafe juga mengharapkan desain Papuk Kafe dan resto dapat memiliki fungsi lain selain kafe dan restoran yaitu fungsi sebagai tempat acara seperti acara ulang tahun. Desain ini diharapkan mampu membagi zona dan aktivitas dari 3 fungsi tersebut dan masing – masing memiliki ruang privasi yang proporsional. Selain tuntutan fungsi dan pembagian zona bangunan, klien juga membutuhkan suasana dan nuansa modern di dalam ruangan yang ada. Pada rancangan desain Papuk kafe dan resto ini penulis akan memberikan unsur sebuah multifungsi di dalam desainnya. Untuk multifungsi tersebut dapat diaplikasikan pada furnitur, dinding, panel dinding dan lainnya. Dengan memberikan fungsi multifungsi ini Papuk kafe dan resto akan mendapatkan sebuah kelebihan, keunikan dan seni di dalam desainnya. Fitur multifungsi ini adalah sebuah inovasi desain yang diberikan oleh Vrainz Konsultan agar berbeda dan mampu bersaing dengan konsultan lainnya. Bangunan Papuk kafe dan resto ini menghadap utara sehingga tidak terpapar cahaya matahari langsung yang dimana hal ini menjadi salah satu pertimbangan untuk dapat membantu konsultan Vrainz untuk mendesain pencahayaan alami Papuk Kafe ini dengan optimal.

References

Kusumowidagdo, A., Sachari, A., & Widodo, P. (2012). The impact of atmospheric stimuli of stores on human behavior. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 35, 564-571.

Kusumowidagdo, A., Sachari, A., & Widodo, P. (2012, September). The physical construction of sense of place. A case of Ciputra world shopping centre of Surabaya. In Proceeding of International Conference on Culture, Society, Technology and Urban Development in Nusantara (pp. 300-313).

Kusumowidagdo, A. (2006). Etika lingkungan Pada Karya Desain Interior. Dimensi Interior, 3(2)

http://kbbi.web.id/ (diakses pada tanggal 2 Juni 2018)

http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-antropometri/

D.K.Ching, Francis. (2007). Architecture: Form, Space, & order. 3rd revised edition United Kingdom: John Wiley & Son
Published
2019-04-23
Section
Articles