Pengaruh Inovasi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Terang Bulan – Martabak 93

  • Jordyanto Hermanus Laemonta Universitas Ciputra
  • Metta Padmalia Universitas Ciputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen Terang Bulan – Martabak 93. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah konsumen Terang Bulan – Martabak 93 sebanyak 70 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel inovasi secara parsial terhadap loyalitas konsumen diuji melalui uji t yang menunjukkan nilai sig pada uji t sebesar 0.296 > 0.05 yang berarti inovasi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen; (2) variabel kualitas layanan secara parsial terhadap loyalitas konsumen diuji melalui uji t yang menunjukkan nilai sig pada uji t sebesar 0.021 < 0.05 yang berarti kualitas layanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.

References

Cooper, D.R. dan Schindler, P.S. 2011. Business
Research Methods. Singapore: The Mc-
Graw-Hill Companies, Inc.
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Marketing Management,
14th Edition. USA: Pearson.
Sari, R.L., Mandey, S.L. dan Soegoto, A.S. 2013.
Citra Merek, Harga, dan Promosi Pengaruhnya
terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan
Emas pada PT Pegadaian (Persero)
Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA, 2 (2):
1222–1232.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Published
2017-07-31
Section
Articles