Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah

  • Lila Bismala Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: model manajemen, UMKM, efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model manajemen UMKM yang dapat diaplikasikan oleh UMKM dalam usaha meningkatkan efektivitas UMKM. Model manajemen ini memuat aspek manajemen perusahaan, yaitu manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan, di mana pada sisi lain ada pengukuran kinerja UMKM sehingga mereka mampu mengukur kinerjanya untuk mengetahui perkembangan usahanya dari waktu ke waktu. Dalam aplikasi model manajemen UMKM nantinya, UMKM perlu melakukan analisis strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) terhadap aktivitas hariannya terkait aspek manajemen usaha sehingga secara umum UMKM tersebut dapat mengetahui perkembangan usahanya dan melakukan evaluasi terhadapnya.

References

Bismala, L. & Handayani, S. 2014. Model Manajemen
UMKM Berbasis Analisis SWOT.
Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM.
Setyobudi, A. 2007. Peran Serta Bank Indonesia
dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil
dan Menengah (UMKM). Buletin Hukum
Perbankan dan Kebanksentralan, 5 (2): 29–
35.
Supeni, R.E. & Sari, M.I. 2011. Upaya Pemberdayaan
Ekonomi Perempuan Melalui Pengembangan
Manajemen Usaha Kecil.
Laporan Seminar Tidak Diterbitkan. Jember:
Fakultas Ekonomi UNIMUS.
Tambunan, T. 2002. Usaha Kecil dan Menengah
di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta:
Salemba.
Published
2017-07-18
Section
Articles