Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi dan Perilaku Berwisata Masyarakat serta Implikasinya bagi Entrepreneurship Bidang Pariwisata

  • Theda Renanita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku berwisata melalui sebuah model yang dapat menggambarkan perilaku berwisata. Teori dasar dalam penelitian ini adalah Theory Planned Behavior yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen (1975). Menurut teori tersebut intensi dipengaruhi oleh tiga variabel independent yakni sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control (PBC). Di antara ketiganya, intensi menjadi mediator dengan perilaku. Tahapan pertama adalah penyusunan alat ukur terhadap kelima variabel yang di atas. Penyusunan dilakukan dengan diawali Focus Group Discussion. Skala yang telah disusun disebarkan untuk pengambilan data. Sampel penelitian ini berjumlah 277 orang dengan populasi adalah masyarakat dewasa di Surabaya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung dari faktor tersebut. Hasil analisis menunjukkan jika ternyata suatu perilaku berwisata dipengaruhi oleh intensi. Intensi itu sendiri dipengaruhi oleh PBC. Sementara itu sikap dan norma subjektif tidak terbukti berpengaruh terhadap munculnya intensi berwisata. PBC itu sendiri terdiri dari aspek promo atau tiket harga murah ke tempat tujuan wisata, informasi mengenai penginapan di tujuan wisata, prosedur pengajuan paspor atau visa yang mudah, akses mudah menuju tempat wisata, dan informasi mengenai agenda acara di tempat tujuan wisata. Penelitian ini dapat menjadi masukan dalam strategi pengembangan pariwisata Surabaya dengan mengetahui faktor perilaku berwisata sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat untuk mendorong kunjungan wisata.

References

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior.
Organizational Behavior and Human
Decision Processes, 50 (2): 179–211.
Baloglu, S. 2002. Dimensions of Customer Loyalty:
Separating Friends from Well Wishers.
The Cornel Hotel and Restaurant
Administration Quarterly, 43: 47–59
Bamberg, S. 2002. Implementation Intention
versus Monetary Incentive Comparing the
Effects of Interventions to Promote the
Purchase of Organically Produced Food.
Journal of Economic Psychology, 23 (5):
573–587.
Bamberg, S., Kuhnel, S.M. & Schmidt, P. 1999.
The Impact of General Attitude on Decisions.
Rationality Society, 11 (1): 5–26.
Published
2017-02-08
Section
Articles