Penerapan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Entrepreneurship

  • Fanggi Ananta Tirtana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together, mengetahui keaktifan belajar siswa pada saat penerapan model belajar numbered heads together, dan mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri atas tiga pertemuan dalam satu siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kepada 43 siswa (18 laki-laki dan 25 perempuan) kelas XI program keahlian Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan numbered heads together di kelas XI Perhotelan SMK Muhammadiyah berjalan baik, (2) penerapan numbered heads together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan (3) penerapan numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Daud, F. & Fausan, M.M. 2011. Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together untuk Meningkatkan
Keaktifan dan Hasil Belajar
pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas
VII.A, SMPN 5 Takalar. Jurnal Chemica,
12 (1): 40–46.
Hasmi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
(NHT) pada Mata Pelajaran IPA
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas IV SDN Oloboju Kecamatan Sigi
Biromaru. Jurnal Ilmiah Universitas
Tadulako, 1 (1): 1–14.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Published
2016-09-01
Section
Articles