Entrepreneurial Intention among Employees

  • Evi Thelia Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah personal attitude terhadap entrepreneurship, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi niat entrepreneurial di kalangan karyawan di Surabaya. Variabel subjective norm harus dikeluarkan dari analisis lebih lanjut karena tidak valid untuk penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan 100 sampel dari 1,35 juta penduduk dengan tingkat signifikansi 0,1. Penelitian ini menemukan koefisien regresi dari sikap pribadi (X1) adalah 0,425 dan perceived behavioral kontrol (X3) adalah 0,366, keduanya telah positif memengaruhi niat entrepreneurial. Nilai R2 diukur adalah 0.230 atau 23,3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kontribusi yang rendah terhadap variabel dependen. Kontribusi lainnya 76,6% akan dipenuhi oleh faktor-faktor lain atau variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Hisrich, R.D., Peters, M.P. & Shepherd, D.A.
2005. Entrepreneurship (6th Edition).
New York: McGrawHill.
Indonesian Investment Coordinating Board.
2014. Profil Daerah Kota Surabaya Statistik
Penduduk Menurut Jenis Kelamin.
(Online), (http://www.regionalinvest
ment.com/newsipid/demografipenduduk
jkel.php?ia=3578&is=37), accessed
August 20th 2014.
Kuehn, K.W. 2008. Entrepreneurial Intentions
Research: Implications for Entrepreneurship
Education. Journal of Entrepreneurship
Education, 11 (1): 87–98.
Linan, F. & Chen, Y.W. 2009. Development
and Cross-Cultural Application of a Specific
Instrument to Measure Entrepreneurial
Intentions. Entrepreneurship
Theory and Practice, 33 (3): 593–617.
Lo, C., Sun, H.Y. & Law, K. 2012. Comparing
the Entrepreneurial Intention between
Female and Male Engineering Students.
Journal of Women’s Entrepreneurship
and Education, 28–51.
Sheeran, P. 2002. Intention—Behavior Relations:
A Conceptual and Empirical Review.
European Review of Social Psychology,
12 (1): 1–36.
Zimmerer, T.W. & Scarborough, N.M. 2005.
Essential of Entrepreneurship and Small
Business Management (4th Edition). New
Jersey: Prentice Hall.
Published
2016-09-01
Section
Articles