Pemahaman terhadap Mata Kuliah Entrepreneurship dan Kaitannya dengan Keinginan Memulai Bisnis

  • Jurry Hatammimi
  • Yuthika Fauziyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship, (2) keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis, apakah merintis usaha baru ataupun berbisnis waralaba, dan (3) perbedaan baik keinginan mahasiswa merintis usaha baru maupun keinginan mahasiswa berbisnis waralaba berdasarkan persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship. Berdasarkan tujuan penelitian, desain penelitian ini adalah deskriptif dan kausal-komparatif. Sampel diambil secara acak sebesar 100 mahasiswa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis persentase dan analisis varians multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinginan mahasiswa merintis usaha baru lebih tinggi dibandingkan keinginan untuk berbisnis waralaba. Selain itu, persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship yang mereka ikuti tidak ada kaitannya dengan keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis (merintis usaha baru atau berbisnis waralaba).

References

Astuti, D. 2005. Kajian Bisnis Makanan Franchise
di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,
7 (1): 83–98.
Chen, Y. 2010. Does Entrepreneurship Education
Matter Students’ Entrepreneurial Intention?
A Chinese Perspective. In Information
Science and Engineering (ICISE), 2010 2nd
International Conference on IEEE, December
(pp. 2776–2779).
Davey, T., Plewa, C., & Struwig, M. 2011.
Entrepreneurship Perceptions and Career
Intentions of International Students. Education+
Training, 53 (5): 335-352.
Deakins, D. & Freel, M. 2009. Entrepreneurship
and Small Firms. New York: McGraw-Hill
Education.
Dewi, A.C.E. 2012. Pengaruh Pembelajaran Mata
Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha
Mahasiswa di Institut Manajemen
Telkom. Bandung: Institut Manajemen Telkom.
Published
2019-02-26
Section
Articles