AKTIVITAS PROMOSI RIKU MANDIRI DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR

Jessica Halim

Abstract


Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Riku Mandiri saat ini masih berkisar pada personal selling via chatting seperti via Line, BBM, dan Whatsapp karena target awal perusahaan adalah teman, keluarga, dan kenalan. Setelah melakukan kegiatan promosi yang ada, jumlah konsumen belum meningkat dan konsumen yang didapatkan sebagian besar masih berasal dari teman – teman dan kenalan dari teman (friend of friend). Analisis strategi promosi pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan pasar Riku Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian yaitu strategi promosi di perusahaan Riku Mandiri. Subjek dari penelitian ini mengacu pada tiga macam informan yang telah dipilih oleh peneliti yaitu ahli di bidang marketing, customer yang belum maupun telah melakukan repeat order, dan kompetitor dari Riku Mandiri. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur yang kemudian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data lalu mendisplay data, dan kemudian diverifikasi, Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh Riku Mandiri masih kurang maksimal karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh Riku Mandiri saat ini masih terbatas pada personal selling saja. Padahal sebenarnya masih ada banyak metode promosi lain yang dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam kegiatan promosi seperti advertising, sales promotion, public relations, direct marketing, dan interactive marketing. Saat ini juga terdapat media komunikasi pemasaran yang dapat memberikan kesempatan baru yang lebih besar melalui online yaitu online marketing seperti e-mail dan website serta social media. Selain itu pula, Riku Mandiri perlu lebih memfokuskan lagi ke kunci kesuksesan dari kegiatan personal selling.

Keywords


promosi; Advertising; Sales Promotion; Online Marketing; Personal Selling

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Maret 2016 (70th ed.). Retrieved from http://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Laporan-Bulanan-Data-Sosial-Ekonomi-Maret-2016.pdf

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management (15th ed., p. 622). England: Pearson.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Marshall, G. W., & Johnston, M. W. (2011). Essentials of Marketing Management (p. 315). Singapore: McGraw-Hill/Irwin.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran (p. 223). Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635