EVALUASI FUNGSI-FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI PADA PT. GOLDIE

Reynold Setiawan Cionander

Abstract


Goldie adalah sebuah perusahaan di bidang food dan beverage terutama makanan ringan (snack). Goldie menyediakan produk berupa keripik singkong olahan dengan rasa buah yaitu Anggur, Buah Naga, dan Jambu. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Goldie saat ini adalah jumlah saluran distribusi yang terus berubah setiap periodenya dan belum maksimalnya kinerja dari saluran distribusi tersebut sendiri, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi fungsi-fungsi saluran distribusi yang ada pada PT. Goldie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan sumber informan triangulasi, informan tersebut adalah dua orang expert dan dua orang reseller dari PT. Goldie. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa PT. Goldie perlu mempertahankan sistem ordering dan physical serta meningkatkan dan melakukan perbaikan pada bagian informasi, promosi, negosiasi, pembiayaan, pengambilan risiko, pembayaran dan kepemilikan supaya fungsi-fungsi saluran distribusi dapat berjalan dengan baik.

Keywords


saluran distribusi; fungsi-fungsi saluran distribusi; evaluasi saluran distribusi; makanan dan minuman

Full Text:

PDF

References


Andrejic, M., & Kilibarda, M. 2014. Distribution Channels Selection Using PCA-DEA.International Journal for Traffic And Transport Engineering , 74-80.

Antaranews.com.2015.kemenperin.go.id.Retrievedfromkemenperin.go.id:http://www.kemenperin.go.id/artikel/15441/Sektor-makanan-dan-minuman- topang-pertumbuhan-Industri

BPS. 2015. Retrieved from https://www.bps.go.id/index.php/publikasi/1032 diakses pada Juni 2016

Bungin, B. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haghighinasab, M., Ebrahimi, M., Sattari, B., & Roghanian, P. 2013. The Effect of Channel Function Performance on Relationship Quality with Organizational Buyers. International Journal of FundamentalPhysical Sciences , 42-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635