RANCANGAN STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN FLUX LEATHER FOOTWEAR

Ridho Fildo Hutomo

Abstract


Flux Leather Footwear adalah perusahaan yang penulis dirikan pada tahun 2014 lalu. Perusahaan ini bergerak di industri fesyen, khususnya sepatu dan sandal wanita, namun seiring berjalannya waktu, Flux Leather Footwear menambah varian produk yakni sepatu pria. Flux Leather Footwear memiliki keistimewaan yaitu produk yang perusahaan ini jual dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. Hal ini dikenal dengan nama custom by order. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan Flux Leather Footwear. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal pengumpulan data, penulis menggunakan cara wawancara kepada berbagai macam narasumber yakni konsumen dan sister company. Hasil wawancara tersebut kemudian ditranskrip dan dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan oleh penulis pada landasan teori yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penjualan, penulis harus melakukan beberapa hal ditinjau dari bauran promosi yakni (1) iklan: menggunakan fitur sponsor di Instagram, menggunakan fasilitas endorsement di Instagram fashion blogger, dan posting di Instagram seminggu dua kali, (2) penjualan personal: melakukan training penjualan kepada SPG yang menjaga, dan membuat kata-kata yang persuasif sehingga konsumen mau datang untuk membeli, (3) hubungan masyarakat: pengembangan website, (4) publisitas dengan cara meningkatkan kualitas produk agar orang tertarik untuk mempromosikannya secara gratis dan pihak media mau meliputnya secara gratis juga, dan terakhir (5) promosi penjualan: pemberian diskon 10% bagi pembeli di Instagram, untuk pameran, diskon 20 – 30%, dan pembuatan kartu member, bagi pemegang kartu member, diskon 5% di setiap transaksi yang ada baik online maupun offline.

Keywords


Strategi Promosi; Bauran Promosi; Penjualan; Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, A. 2015. Buku Pelajaran Marketing bagi Anda yang Ingin tapi Malas Belajar Marketing. Jogjakarta: Ariadi Abimanyu.

Goenadhi, L. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(2): 155 - 158.

Griffiths, A. 2011. 101 Jurus Rahasia Business Membangun Bisnis Hebat dengan Cara Cerdas, Mudah, dan Cepat. Jakarta: PT. Tangga Pustaka.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hardjanti, A., & Siswanto, H. 2014. Pengaruh Dimensi Endorser Credibility dan Brand Credibility terhadap Dimensi Consumer-Based Brand Equity. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635