PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK END-USER PANT OF SHOES BERDASARKAN SWOT

Vendella Aurine Kosasih

Abstract


Pertumbuhan bisnis-bisnis baru dalam bidang fashion membuat persaingan bisnis menjadi suatu hal yang sangat umum terjadi . Persaingan bisnis harus diimbangi dengan penetapan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis dan menjadi jaminan keberlangsungan sebuah bisnis. Saat ini, tingkat pertumbuhan pengguna internet semakin tinggi. Jumlah persentase yang cukup signifikan diperuntukan bagi penggunaan internet sebagai media pencari informasi barang atau jasa. Melihat tingginya tingkat pertumbuhan pengguna internet, produsen seringkali memilih internet sebagai media pemasaran. Judul penelitian ini adalah analisis strategi pemasaran online untuk end-user Pantof Shoes berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran online untuk end-user Pantof Shoes berdasarkan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 orang pemilik bisnis Pantof Shoes dan 1 orang narasumebr benchmarking. Analisis data menggunakan analisis SWOT digunakan untuk menemukan faktor internal dan eksternal perusahaan. Penlaian secara kualitatif dilakukan untuk menilai faktor-faktor dominan dari Pantof Shoes. Penilaian tersebut didukung dengan pembobotan hasil wawancara dengan narasumber. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis SWOT Pantof Shoes dalam penetuan strategi pemasaran online yang merujuk penggunaan strategi WO yaitu meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.

Keywords


Pemasaran Online; Analisis SWOT; IFAS; EFAS

Full Text:

PDF

References


Arifin, D., Lukito, C., dan Lukito, R. (2014). Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet. ComTech, Vol. 5, No. 2.

Fitriadi, B. (2013). Strategi Bersaing: Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 1.

Harianto, A., dan Iriani, S. S. (2014). Pengaruh Kelompok Acuan dan Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 4.

Hunger, D.J. dan Wheelen, T.L. (2011). Essentials of Strategic Management. Fifth Edition. New Jersey: Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635