STUDI PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP VALUE PROPOSITION PRODUK SAMBAL ROAR

Bryan Widyawono

Abstract


Industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun, karena pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Hal ini akan berimbas kepada persaingan akan berjalan semakin ketat. Proyek bisnis Sambal Roar telah berdiri sejak tahun 2014. Sambal Roar adalah produk makanan olahan berupa sambal yang berasal dari ikan tenggiri asap. Perusahaan Sambal Roar menemukan hambatan dalam memasarkan produknya, sehingga perlu adanya cara yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap value proposition yang disampaikan dari produk Sambal Roar, untuk memberikan saran dan masukan bagi perusahaan Sambal Roar dalam menjalankan usaha. Jenis penelitian menggunakan metode kualitaif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer, yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan trianggulasi sumber untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 6 orang informan, yang terdiri dari 4 orang konsumen Sambal Roar, 1 orang perusahaan pesaing dan 1 orang internal perusahaan Sambal Roar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mempunyai persepsi produk sambal di lihat dari warna, bentuk, ukuran dan rasa dan faktor individu yaitu kepraktisan, gizi dan kebaruan produk. Sambal Roar menawarkan empat value proposition yaitu newness (sifat kebaruan), Accessbility (kemampuan dalam mengakses), Convenient and usability (kemudahan dan kegunaan), dan customization (penyesuaian). Persepsi konsumen terhadap value proposition produk Sambal Roar yaitu newness, accessbility, convenient/usability, sudah cukup tersampaikan kepada konsumen. Sedangkan accessbility perlu ditinjau kembali dan customization Sambal Roar masih belum dapat dirasakan oleh konsumen. Sehingga produk Sambal Roar membutuhkan perbaikan, agar value dapat dirasakan dan tersampaikan oleh konsumen.

Keywords


persepsi konsumen; value proposition

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2014). Penelitian Kualitatif (2nd ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Herdiansyah. (2011). Metode Penelitian Kualitatif (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hassan. (2012). The Value Proposition Concept in Marketing: How Customers Perceive the Value Delivered by Firms - A Study of Customer Perspectives on Supermarkets in Southampton in the United Kingdom. International Journal of Marketing Studies, 4, 68. Retrieved from www.ccsenet.org/ijms

Kotler, P., Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Prentice Hall video library to accompany Marketing management, 14th edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson/Prentice Hall.

Kurnia, Zainul, Wilopo. (2015). Pengembangan Value Proposition Dalam Penetapan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Terhadap Mobil Toyota Agya Di Kota Malang) . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 23 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635