EKSPEKTASI KARYAWAN DAN PEMILIK PADA PERUSAHAAN UD. INDAH MANDIRI UNTUK MENGURANGI TINGKAT TURNOVER

Wayan Indhu Baruna Prawira

Abstract


UD. Indah Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang industry perkayuan yang sudah berjalan selama 7 tahun. Masalah yang dihadapi UD. Indah Mandiri adalah pergantian jumlah karyawan yang mencapai 50%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi cara perusahaan memperlakukan karyawan dan menemukan titik temu dari kedua belah pihak, sehingga dapat mengurangi tingkat turnover pada perusahaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan Subjek seluruh karyawan, pemilik perusahaan serta mantan karyawan UD. Indah Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan ekspektasi antara pemilik dengan karyawan yang dapat menyebabkan turnover pada perusahaan. Dalam hal ini ekspektasi pemilik terhadap karyawan yang belum dapat direalisasikan dari sisi kinerja guna memberikan kualitas produk olahan yang lebih baik serta peningkatan kreativitas dari sisi pengerjaan pesanan. Selain itu, Ekspektasi karyawan terhadap perusahaan berharap agar pemilik dapat menambah modal usahanya untuk meningkatkan jumlah pesanan supaya perusahaan dapat semakin berkembang. Tetapi dalam wawancara yang mendalam, ekspektasi yang terjadi diperusahaan dapat diatasi dengan melakukan komunikasi yang lebih intens dengan karyawan.

Keywords


Ekspektasi; Kepuasan Kerja

References


Hamid, Sanusi. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Yogyakarta: Deepublish.

Hasan, Lenny. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Terhadap Komitmen organisasional Pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 3. No. 1, Januari 2012.

Khan, Alamdar, H., Aleem, Muhammad. 2014. Impact of job satisfaction on employee turnover: An empirical study of Autonomous Medical Institutions of Pakistan. Journal of International Studies, Vol. 7, No 1, 2014, pp. 122-132.

Kurnia, et.al. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Prestasi Kerja Karyawan. (Studi Pada Karyawan PT.ASKES, Cabang Boyolali). Vol 6. No. 1, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635