INSPIRASI MATERIAL LOGAM PADA ELEMEN INTERIOR RUANG PUBLIK UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN BUDAYA BANGSA

Grace Hartanti, Amarena Nediari

Abstract


Bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia, material logam sudah lama dikenal. Jenis logam terbagi dua yaitu metal ferro dan metal non-ferro, logam juga sudah diperdagangkan dari perdagangan bahan mentah dan setengah jadi yang kemudian berkembang menjadi perdagangan aneka macam produk berbahan dasar logam dilakukan oleh pedagang besar di Indonesia. Penggunaan material logam yang sangat luas, aplikasi material logam, dapat juga dimanfaatkan juga pada elemen interior. Mengetahui jenis dan karakteristik dari logam menjadi salah satu topik dalam mata kuliah Pengetahuan Bahan Bangunan bagi mahasiswa jurusan Desain Interior dan Arsitektur. Dukungan teknologi juga sangat dibutuhkan dalam pengolahan material logam dalam pemanfaatan material sehingga dapat diciptakan bentuk dan desain yang lebih baik. Inspirasi pengolahan material logam dalam elemen interior dapat diperoleh dari keragaman budaya bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dimana penerapan ragam hias dan material lokal Indonesia dalam perancangan interior ada ruang publik menjadi salah satu kontribusi serta upaya para desainer interior ataupun arsitek Indonesia dalam pelestarian kekayaan budaya bangsa Indonesia ke masyarakat global.

Full Text:

PDF

References


http://www.vaudevillenegro.com/home-design-ideas/art-deco-interior-design-art-deco-interior-design-art-deco-design)

Putnam, Laura. (2015). Rustic Modern Metal Crafts. Adams Media. United States of America.

Putra, Riki. Sifat Mekanik Logam.

Schey, J. A. (2009). Pengenalan Proses Pembuatan / Introduction to Manufacturing Process (Vol. 3). Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia: ITBM.

Soekmono, R. (1990). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1 (Vol. 1). Yogyakarta , DI Yogyakarta, Indonesia : Kanisius .

Sukandarrumidi. (2007). Geologi Mineral Logam. Universitas Gajah Mada. Yogjakarta.

Winoto, Agnes. (2015). Ilmu Bahan Bangunan. Taka Publisher. Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.